MENU

Senin, 09 Februari 2015

ISLAM

APA ITU AGAMA ISLAM?

Agama islam adalah agama yang diturunkan oleh ALLOH SWT kepada Nabiyulloh Muhammad SAW untuk seluruh umat semesta alam yang bertujuan untuk memberikan keselamatan kepada seluruh umat semesta alam baik di dunia maupun di akhirat. Islam adalah agama fitrah (murni dan suci) untuk memberikan kedamaian dan kasih sayang kepada seluruh umat semesta alam. Islam adalah agama yang tergolong kepada agama samawi dimana kejadiannya adalah memang bukan buatan manusia namun murni dari Tuhan semesta alam melalui Nabinya yaitu Muhammad SAW. Agama islam sebagai agama yang membawa keselamatan dan kedamaian di muka bumi tidak hanya mementingkan akhirat saja, namun mengatur seluruh aspek kehidupan manusia, bagaimana pemeluknya berhubungan kepada Tuhannya (hablumminalloh), sesama manusia(hablumminannas) bahkan terlebih Islam juga mengatur bagaimana kita berbuat kepada alam semesta. Sehingga dalam menjalani hidup manusia tidak tanpa arah yang cenderung berbuat dholim bahkan kerusakan namun islam sebagai agama akan mengatur kepada umatnya untuk selalu berbuat kebaikan di muka bumi sehingga memang tepat jika Islam merupakan agama yang Rahmatan Lil ‘alamiin yaitu agama sebagai Rahmat (kasih sayang) seluruh alam semesta.
Dalam kehidupannya umat islam diatur oleh 2 pedoman yang sangat penting yakni AL QUR’ANUL KARIM dan AL HADITST. LALU APA YANG DIMAKSUD KEDUANYA?
AL QUR’ANUL KARIM adalah Kalam Alloh yang diturunkan oleh Alloh SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril AS yang diturunkan dengan jalan mutawatir (berangsur angsur), yang didalamnya mengatur seluruh sendi kehidupan manusia yang di jadikan pedoman utama dalam menjalani kehidupan di muka bumi ini, sehingga ia akan selamat di dunia maupun di akhirat. Dalam perkembangannya Al Qur’an kemudian di bukukan dan menjadi kitab suci umat islam.
AL HADIST adalah perkataan, tindakan, dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang di jadikan sebagai pedoman juaga oleh umat islam, dimana Hadist merupakan penjabaran dari isi Al Qur’an yang masih bersifat umum. Sehingga umat Islam akan mudah dalam mengerti dan memahami bahkan menjalankan ajaranya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar